Skip to main content

Rutin Kirim Dana ke Situs Donasi Online Berdampak pada Kesehatan, Benarkah?

Rutin Kirim Dana ke Situs Donasi Online Berdampak pada Kesehatan, Benarkah?

Berdonasi kini tak dipungkiri semakin mudah dengan perkembangan teknologi. Kalau dulu Anda harus menemui komunitas tertentu yang menggalang dana, sekarang sudah ada situs donasi online yang menyediakan nominal dan metode pembayaran beragam. Apalagi lembaga yang mengurusnya banyak, termasuk UNICEF yang menjaga kesejahteraan anak di dunia, termasuk Indonesia.

Kemudian, donasi tak hanya bermanfaat untuk penerima yang memerlukan bantuan. Anda sebagai donatur juga akan mendapatkan benefit yang berdampak pada kesehatan.

Dampak donasi terhadap kesehatan

Sejumlah riset menyebutkan adanya hubungan antara kondisi kesehatan seseorang dengan kebiasaan memberikan bantuan seperti berdonasi. Salah satunya seperti yang disebutkan dalam buku berjudul Why Good Things Happen to Good People karya Stephen Post. Profesor dari Universitas Stonu Brook tersebut melaporkan adanya peningkatan kualitas kesehatan pada orang-orang yang menderita penyakit kronis saat mereka sering berdonasi.

Sebuah studi yang dipimpin Doug Oman dari Universitas California, Berkeley, menemukan bukti bahwa manula yang bekerja secara sukarela di lebih dari dua organisasi mempunyai risiko kematian lebih kecil dalam jangka waktu lima tahun dengan persentase 44% dibandingkan yang jarang atau tak melakukan aktivitas tersebut.

Penemuan yang sama didapatkan Stephanie Brown dari Universitas Michigan. Studi yang dilakukan pada pasangan-pasangan manula yang sering membantu teman, tetangga, dan relatif atau memberi dukungan secara emosi pada pasangan mempunyai risiko sekarat yang lebih rendah. Bahkan ada juga penelitian yang menyebutkan rutin mengirimkan donasi akan membantu menurunkan stres.

Belum terlambat untuk membantu lewat donasi

Tentu saja ada faktor-faktor lain yang akan membantu Anda mendapatkan kondisi kesehatan yang optimal. Namun, tak ada salahnya memulai kebiasaan donasi, terutama kalau pada dasarnya Anda gemar menolong orang lain dan ingin penghasilan yang diterima bermanfaat untuk mereka.

Dalam hal ini, UNICEF siap menjadi partner siapa saja yang peduli dengan kesejahteraan dan kesehatan anak-anak di dunia, tak terkecuali Indonesia. Anda bisa kunjungi donasi anak Indonesia yang dapat dilihat di website resmi, termasuk pilihan nominal dan pembayarannya.

Newest Post