Skip to main content

5 Cara Agar Data Perusahaan Selalu Aman

5 Cara Agar Data Perusahaan Selalu Aman

Di tengah akselerasi digital yang kian pesat, menjaga keamanan data perusahaan menjadi tugas yang semakin menantang, terutama bagi usaha kecil dan menengah yang harus berkompromi dengan langkah-langkah keamanan jaringan di tengah arus kas yang ketat. 

Lantas, apa saja tips menjaga keamanan data perusahaan yang bisa dilakukan? Simak informasinya di bawah ini:

1. Mengajari karyawan praktik keamanan jaringan terbaik

Dengan tren BYOD (Bring Your Own Device) saat ini, karyawan bebas bekerja dari laptop, smart phone, dan perangkat seluler mereka. Tetapi kurangnya enkripsi pada perangkat yang digunakan karyawan atau sistem operasi yang ketinggalan zaman dapat menyebabkan kebocoran data.

Malware juga dapat menemukan jalan ke jaringan perusahaan melalui perangkat seluler yang tidak dilindungi. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengajari atau mengedukasi karyawan tentang praktik keamanan jaringan yang diharapkan pada saat on boarding.

Gagasan tentang email phishing harus disampaikan terlebih dahulu, dan karyawan juga harus waspada mengenai penggunaan aplikasi berbagi file publik.

2. Amankan perangkat dan jaringan

Tak perlu dikatakan lagi bahwa mengambil pendekatan proaktif terhadap keamanan adalah salah satu investasi terbaik yang dapat dilakukan dalam bisnis, terutama jika langkah tersebut dapat membantu mencegah pelanggaran keamanan yang mahal.

Pengujian penetrasi dan taktik peretasan etis dapat membantu mengungkap kerentanan sebelum menjadi sasaran peretas. Libatkan spesialis keamanan jaringan untuk menjalankan audit penuh jaringan Anda dan memastikannya selalu aman.

3. Instal dan perbarui software keamanan perusahaan secara berkala

Berinvestasilah pada software, antivirus, dan cybersecurity. Ketika berbicara tentang peretasan dan keamanan siber, solusi terbaik adalah mempercayai para profesional dibanding mencoba untuk menangani masalah tersebut sendiri.

Setelah Anda menginstal software yang tepat, sangat penting untuk memperbaruinya secara berkala. Jika Anda melakukan kesalahan yang tidak disadari, itu artinya Anda membiarkan pintu belakang terbuka bagi peretas untuk masuk dan membahayakan informasi perusahaan.

Me-reboot sistem atau menjadwalkan pembaruan mungkin menyebalkan, namun manfaatnya jauh lebih besar daripada ketidaknyamanan kecil yang dihadirkan.

4. Aktifkan otentikasi kata sandi dua langkah

Tidak ada solusi yang mudah, tetapi otentikasi dua faktor tetap menjadi salah satu cara paling efektif untuk memastikan orang yang masuk ke sistem atau perangkat perusahaan Anda benar-benar orang yang berhak.

Bahkan jika nama pengguna dan kata sandi dikompromikan, otentifikasi kata sandi dua langkah ini akan mencegah hacker menggunakannya tanpa akses ke email pengguna, perangkat fisik, atau biometrik seperti pemindaian sidik jari.

5. Menyimpan cadangan data di Data Center

Data center adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen digital terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Salah satu data center terbaik di Indonesia adalah neuCentrIX.

Data Anda disimpan di dalam gedung dengan infrastruktur berkualitas global yang memastikan sumber daya selalu berada pada tingkat keamanan teratas, baik secara fisik maupun logistik. Dari kolokasi hingga cloud, kami memastikan neuCentrIX adalah pengalaman terbaik bagi mitra, pelanggan, dan komunitas kami.

Lokasi data center neuCentrIX berada pada 13 kota besar di Indonesia dengan layanan data center yang berkapasitas tinggi serta keamanan yang baik.