Skip to main content

Cara Berbagi Aplikasi Android, Kini Tidak Perlu Kuota Internet

Cara Berbagi Aplikasi Android, Kini Tidak Perlu Kuota Internet

Cara Berbagi Aplikasi Android, Kini Tidak Perlu Kuota Internet - Google akhirnya mengenalkan feature Nearby Share yang memungkinkannya pemakai Android share program Google Play dengan sesama pemakai Android. Nearby Share dapat dipakai tanpa jaringan WiFi atau mobile, hingga tidak perlu paket internet.

Nearby Share pertama kalinya dipublikasikan oleh Google pada tahun akhir 2020. Perlu waktu beberapa waktu untuk Google betul-betul mengirim pemakai Android memakai Nearby Share.

Cara berbagi aplikasi android tanpa kuota internet ini cukup membuka Google Play, membuka menu "Bagikan Program" di "Aplikasi dan Games Saya", tentukan program yang ingin Anda bagi, dan biarkan rekan Anda terima program yang masuk.

Nearby Share dipandang nyaris serupa dengan AirDrop bikinan Apple. Karena, Nearby Share pun tidak membutuhkan akses internet dan cepat sekali dalam mentransfer file.

Sesudah pemakai memberikan program dengan seseorang, mereka bisa menginstal tanpa keluar dari menu bagi. Pemakai dapat langsung putuskan jaringan dengan piranti lain.

Dikutip dari berbagai sumber, Nearby Share ada di piranti yang jalankan Android 6.0 Marshmallow dan yang lebih baru.

Supaya feature berfungsi, pemakai harus lebih dulu buka program Play Store dan buka Program Saya. Pemakai akan mendapati tab baru namanya Bagikan di samping Perpustakaan bila feature itu sudah tersedia.

Silahkan pilih tab Bagikan itu, pemakai diberi pilihan untuk pilih apa ingin terima program atau mengirimi. Apa saja yang diputuskan, pemakai akan disuruh untuk aktifkan layanan lokasi.

Bila pilih untuk mengirimi, pemakai akan dibawa ke tampilan yang memberikan semua program yang telah diinstal. Lalu, tentukan program yang mana ingin dikirimkan dan pencet tombol hijau di sudut kanan atas.

Hp pemakai mulai akan cari piranti paling dekat. Bila pilih untuk terima, pemakai akan merasakan penampilan seperti saat pemakai mengirimi program ke pemakai lain.

Hal ini mengingatkan kita dengan berbagi file melalui infra red atau bluetooth pada zaman dulu.