Skip to main content

Pinjam Uang Tanpa Jaminan? Bisa Kamu Gunakan Untuk Modal Jualan!

Pinjam Uang Tanpa Jaminan? Bisa Kamu Gunakan Untuk Modal Jualan!

Pinjam Uang Tanpa Jaminan? Bisa Kamu Gunakan Untuk Modal Jualan! Ketika kamu memiliki niat akan membuka usaha sendiri, maka hal yang terpenting yang harus kamu persiapkan adalah modal usaha. Jika kamu tidak memiliki modal, maka tentunya usaha yang akan kamu buka tidak akan dapat berjalan.

Masalah seperti ini sering kali membuat para calon pengusaha menjadi pusing karena dana yang mereka miliki pada tabungannya jumlahnya tidak mencukupi untuk membuka usaha.

Untungnya untuk persoalan modal minim seperti ini tentu saja sekarang ini ada solusi cerdasnya, yaitu dengan cara melakukan pinjam uang tanpa jaminan.

Dengan cara mengajukan pinjam uang tanpa jaminan untuk modal usaha ini, maka kamu selanjutnya akan mendapatkan tambahan modal awal untuk membuka usaha sendiri yang kamu inginkan.

Tapi sebelum kamu melakukan pengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan ini, alangkah baiknya kamu terlebih dulu perlu melakukan hal-hal seperti di bawah ini agar nantinya kamu dapat mempersiapkan diri dan tidak akan merasa menyesal di kemudian hari.

Apa saja hal-hal yang perlu dipelajari sebelum melakukan pinjaman uang tanpa jaminan? Dikutip dari Maucash, berikut uraiannya:

Ketahui skala usaha yang akan kamu buka

Hal pertama yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah skala usaha yang akan dijalankan. Hal ini tentunya bertujuan agar supaya nantinya kamu dapat menentukan berapa kisaran besaran modal yang dibutuhkan.

Untuk usaha dengan besaran skala rumah tangga, maka besaran modal yang kamu butuhkan bisa saja hanya jutaan rupiah saja karena kamu masih dapat memanfaatkan perabotan yang ada di rumah.

Tapi apabila usahanya memiliki skala yang cukup besar seperti membuka restoran atau usaha kafe, maka dapat dipastikan dananya yang dibutuhkan dapat mencapai puluhan juta rupiah.

Hitung modal yang dibutuhkan dengan matang

Jika kamu sudah mengetahui besaran skala usaha yang akan dibuka, maka kamu tinggal menghitung modal yang dibutuhkan dengan matang. Tulis secara rinci semua hal yang dibutuhkan untuk membuka usaha tersebut, mulai dari biaya untuk membeli bahan baku produk, biaya untuk operasional, biaya untuk gaji karyawan, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan perhitungan modal usaha yang matang, maka kamu tentunya akan dapat mengetahui jumlah yang pasti untuk modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha.

Selain dengan melakukan perhitungan untuk modal usaha, kamu juga tentunya harus melakukan perhitungan besaran untuk cicilan pinjaman uang untuk modal usaha tanpa jaminan.

Hal ini dilakukan tentunya dengan tujuan agar nantinya kamu dapat membuat target penjualan setiap bulannya sehingga untuk pembayaran cicilan pinjaman setiap bulannya bisa dibayar tepat waktu.

Siapkan persyaratan dengan matang

Siapkan juga untuk persyaratannya untuk mengajukan pinjaman uang untuk modal usaha tanpa jaminan ini dengan matang untuk dapat mengantisipasi jika nantinya pengajuanmu ditolak hanya karena ada syarat yang tidak lengkap.

Biasanya syarat utama untuk pinjaman uang yang diberikan adalah KTP, NPWP, SIUP, dan juga rekening koran.

Tapi kadang-kadang ada juga syarat tambahan lainnya yang biasanya diberikan oleh pihak penyedia pinjaman modal, seperti fotokopi kartu keluarga, surat nikah, dan lain sebagainya.

Perhatikan fitur dan ketentuan yang berlaku

Hal selanjutnya yang harus kamu pelajari yaitu fitur dan ketentuan yang berlaku untuk pinjaman uang tanpa jaminan.

Kadang-kadang fitur dan ketentuan dari masing-masing penyedia pinjaman uang modal usaha tanpa jaminan ini berbeda-beda. Oleh sebab itu, maka kamu harus melakukan perbandingan untuk mendapatkan penawaran pinjaman uang terbaik yang menguntungkan.

Perhatikan juga untuk plafon pinjaman modal yang diberikan, suku bunga, masa tenor, jumlah cicilan setiap bulannya, besaran denda keterlambatan, penalti jika kamu ingin membayar lunas lebih awal, sampai dengan biaya administrasi yang dikenakan.

Pilih penyedia pinjaman yang terpercaya

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah memilih penyedia pinjaman uang yang terpercaya. Penting untuk mengetahui apakah sebuah penyedia pinjaman uang untuk modal usaha tanpa jaminan tersebut yang kamu pilih dapat dipercaya atau tidak.

Hal ini dilakukan tentunya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari seperti resiko terhadap penipuan.

Coba untuk mengecek keberadaan kantor resmi dari penyedia pinjaman modal tersebut, atau coba tanyakan juga kepada orang-orang terdekat yang sudah pernah melakukan pinjaman untuk mengetahui reputasi penyedia pinjaman tersebut. Dengan begitu, maka kamu tidak akan seperti membeli kucing di dalam karung dan terhindar dari penipuan.

Demikianlah hal-hal yang harus dipelajari sebelum melakukan pinjaman uang tanpa jaminan ini, silahkan rekomendasikan pinjaman online tanpa jaminan Maucash ke teman, kerabat, atau klien kamu untuk mendapatkan pinjaman modal usaha.