Skip to main content

Jenis dan Fungsi Fitting Pipa yang Perlu Diketahui

Fitting Pipa

Jenis dan Fungsi Fitting Pipa yang Perlu Diketahui - Berikut ini adalah pembahasan mengenai berbagai jenis fitting pipa serta fungsinya yang perlu diketahui. Penggunaan pipa tentunya sering berkaitan dengan kebutuhan saluran pengairan dan juga gas. Pipa pun hadir dengan berbagai macam kualitas, material, ukuran, dan sesuai dengan fungsinya. Fitting pipa ini dapat dengan mudah kita dapatkan melalui distributor supplier fitting pipa yang tentunya jual fitting berbagai jenis sesuai dengan keperluan Anda.

Pada umumnya bentuk pipa itu panjang dan lurus, tetapi tentunya kebutuhan akan pipa ini tidak selamanya membutuhkan pipa yang berbentuk lurus. Oleh karena itu, maka hadirlah sambungan pipa atau fitting pipa untuk memenuhi kebutuhan pipa yang sesuai dengan tempat di mana pipa diletakan.

Fitting pipa ini merupakan bagian dari proses pemasangan pipa yang tentunya harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan tempatnya berada.

Pengertian Fitting Pipa

Dalam dunia perpipaan, fitting pipa adalah bagian dari proses pemasangan pipa yang memiliki fungsi untuk menyambungkan bagian potongan antar pipa satu dengan pipa yang lainnya agar sesuai dengan kebutuhan.

Ada kalanya pada saat pemasangan pipa ini membutuhkan pemasangan yang berlekuk-lekuk dan ada juga pemasangan yang lurus. Dan pemasangan yang lurus pun terkadang pipanya masih kurang panjang.

Untuk itulah maka diperlukan fitting pipa agar pipanya sesuai dengan kebutuhan dan lokasinya.

Berbagai Jenis dan Fungsi Fitting Pipa

Jenis fitting pipa ini menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dengan fungsinya masing-masing, di antaranya yaitu:

Elbow

Jenis fitting pipa Elbow ini juga biasa disebut dengan Ells. Fungsi fitting jenis ini adalah seperti siku yang bisa digunakan untuk membelokan pipa ke arah yang lain.

Fitting elbow ini biasanya tersedia dengan besar ukuran 45 derajat dan 90 derajat. Walau demikian, masih ada juga jenis fitting elbow dengan ukuran yang lain yang bisa didapatkan.

Cara menyambungkan pipa dengan fitting ini terutama dari bahan pipa PVC, dapat menggunakan lem ataupun dengan cara ulir. Namun, untuk jenis fitting yang terbuat bahan besi dan galvanis, cara menyambung yang digunakan adalah dengan cara ulir dan las.

Tee

Jenis fitting pipa Tee ini adalah untuk berfungsi menyambungkan beberapa jalur pipa sekaligus menjadi satu arah atau sebaliknya dari satu jalur pipa menuju ke beberapa jalur pipa.

Sesuai dengan namanya, maka fitting Tee ini bentuknya seperti huruf T dengan tiga cabang yang berfungsi untuk membelokan pipa lurus ke arah kanan dan kiri.

Namun juga ada beberapa jenis fitting pipa Tee ini yang bentuknya seperti huruf Y dan fitting jenis ini disebut Y-Branch selain disebut Tee.

Coupling dan Union

Fitting pipa jenis Coupling dan Union ini merupakan jenis fitting pipa yang cukup variatif yang tersedia dalam berbagai macam ukuran tergantung dari kebutuhan untuk model pemasangan jalur pipanya.

Fungsi fitting jenis ini yaitu untuk membuat sambungan antara dua pipa, sehingga inilah yang menjadikan penyebutan fitting pipa jenis ini dengan sebutan coupling.

Model fitting ini biasanya didesain pendek. Fitting coupling ini pemasangan dilakukan secara semi permanen yaitu penyambungan pipanya dilakukan dengan cara dilas atau dipasang dengan menggunakan mur. Dan fitting union dibuat dengan bentuk agar mudah untuk dilepas di bagian sambungannya.

Caps dan Plugs

Kedua jenis fitting ini memiliki fungsi yang sama, tetapi perbedaannya terletak pada cara pemasangannya berbeda. Caps merupakan fitting yang memiliki fungsi untuk menutup bagian ujung pipa.

Sementara fitting jenis plugs memiliki fungsi yang sama untuk menutup bagian ujung pipa, tetapi dengan cara dipasang stopper pada bagian ujungnya.

Kompresi

Fitting jenis ini memiliki tiga bagian, yaitu bagian gasket ring atau ferrule, nut, dan juga body. Disebut sebagai fitting kompresi karena pada fitting ini menggunakan tekanan agar sambungannya menjadi lebih kuat.

Sekian saja pembahasan singkat mengenai berbagai jenis dan fungsi fitting pipa yang perlu Anda ketahui agar selanjutnya Anda dapat memilih fitting pipa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.