Skip to main content

TikTok Diblokir Di India, Hilang dari Google Play dan App Store

TikTok Diblokir Di India, Hilang dari Google Play dan App Store

TikTok Diblokir Di India, Hilang dari Google Play dan App Store - Hilangnya aplikasi TikTok dari toko aplikasi Google Play dan App Store ini terjadi setelah adanya pengumuman yang menyatakan bahwa pemerintah India telah memutuskan untuk memblokir sebanyak 59 aplikasi yang berasal dari Tiongkok, salah satunya yaitu aplikasi TikTok.

Namun meskipun aplikasi Tiktok sudah hilang dari toko aplikasi milik Google dan Apple, para pengguna yang sebelumnya sudah mengunduh aplikasi TikTok tetap dapat mengaksesnya dan menjalankan aplikasinya.

Tetapi bagi pengguna yang tetap membuka dan menjalankan aplikasi TikTok, mereka akan mendapatkan sebuah pesan dari penyedia aplikasi yang isi pesannya adalah pengumuman yang memberitahukan bahwa pemerintah India telah memblokir 59 aplikasi, termasuk dengan aplikasi TikTok.

Pihak TikTok India mengatakan bahwa mereka tengah dalam proses untuk mematuhi aturan dari pemerintah India dan tentunya juga sekaligus akan bekerja sama dengan pemerintah India untuk dapat memahami isu ini dengan lebih baik dan untuk mengeksplor langkah pasti ke depannya.

Pihak TikTok juga telah menegaskan bahwa mereka memastikan privasi serta keamanan pengguna khususnya di India adalah hal yang prioritas dari perusahaan.

Layanan TikTok Tidak Bisa Diakses

Tidak hanya hilangnya aplikasi TikTok di App Store dan juga layanan Google Play, website TikTok pun sama tidak bisa diakses atau tersedia lagi bagi pengguna di India.

Meskipun aplikasi Tiktok masih ada di sejumlah smartphone pengguna, tetapi aplikasi tersebut tidak dapat berfungsi di jaringan operator selular milik India seperti Airtel dan juga pada layanan broadband seperti Spectra dan Exitel.

Perihal larangan aplikasi TikTok di India ini diperkirakan akan memberikan dampak yang sangat besar pada bisnis TikTok, masalahnya TikTok sendiri memiliki basis pengguna yang terbesar di India. Jumlah unduhan aplikasi TikTok dari pengguna di India pun menjadi salah satu yang terbanyak.

Pihak TikTok pun sudah diundang untuk bertemu dengan pihak pemerintah India yang terkait dengan perihal pemblokiran ini. Kepala TikTok India, Nikhil Gandhi mengatakan bahwa pihak TikTok sudah mengikuti dan mematuhi larangan dari pemerintah India, terutama untuk segi keamanan data untuk para pengguna di India.

59 Aplikasi Tiongkok Diblokir India

Sebelumnya, pemerintah India diketahui telah memblokir sebanyak 59 buah aplikasi asal Tiongkok termasuk aplikasi TikTok, WeChat, ShareIt, dan UC Browser yang merupakan aplikasi-aplikasi terkenal.

Mengutip dari laman website India Times, aplikasi-aplikasi Tiongkok tersebut diblokir dengan alasan untuk melawan ancaman kepada kedaulatan dan keamanan negara India yang ditimbulkannya.

Semua aplikasi Tiongkok yang diblokir ini dilarang untuk beroperasi di tengah situasi ketegangan yang meningkat di antara India dan Tiongkok, setelah terjadi bentrokan di perbatasan sekitar dua pekan yang lalu.

Pemerintah India juga mengatakan bahwa aplikasi-aplikasi Tiongkok tersebut terlibat juga di dalam kegiatan yang dapat merugikan kedaulatan, integritas, dan pertahanan negara India. Aplikasi-aplikasi tersebut pun dianggap telah melanggar ketertiban umum.

Pemerintah India juga menyebut bahwa ada sejumlah keluhan dari para pengguna perihal data-data para pengguna India yang dikirimkan ke luar negeri tanpa meminta izin terlebih dahulu dari pengguna ataupun pemerintah.