Skip to main content

Benarkah Samsung Mengeluarkan Smartphone 5G Paling Murah?

Benarkah Samsung Mengeluarkan Smartphone 5G Paling Murah?

Benarkah Samsung Mengeluarkan Smartphone 5G Paling Murah? Pada bulan April yang lalu, pabrikan Samsung telah mengeluarkan ponsel Galaxy A51 dan Galaxy A71, yang merupakan dua buah smartphone seri A yang pertama mendukung jaringan 5G.

Di Amerika Serikat (AS) sendiri, ponsel seri Galaxy A71 5G ini dijual dengan harga 599 dollar AS atau setara dengan 8,6 juta rupiah.

Harga tersebut ternyata hanya sekitar separuh dari harga ponsel Galaxy S10 5G yang sudah terlebih dulu dijual dengan harga sekitar 1.149 dollar AS atau setara dengan 16,6 juta rupiah.

Untuk smartphone dengan kemampuan jaringan 5G sekarang ini memang masih dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Konon, untuk harga komponen perangkat 5G ini memang beberapa kali lipat jika dibandingkan dengan harga dari perangkat 4G.

Smartphone 5G Dengan Harga Paling Murah

Namun, terungkap dari sebuah laporan terbaru yang mengatakan bahwa Samsung sekarang ini sedang mempersiapkan sebuah smartphone 5G baru yang akan dibanderol dengan harga yang lebih murah yaitu Galaxy A42.

Ponsel Galaxy A42 tersebut, konon akan dijual dengan banderol harga yang lebih murah dari harga Galaxy A51 dan Galaxy A71 versi 5G. Sebab biasanya, untuk urutan seri serta penomoran pada smartphone Samsung ini juga menandakan adanya perbedaan harga.

Dari rumor yang sedang beredar, kalau Galaxy A42 ini mempunyai nomor model SM-A426B. Ponsel ini juga disebutkan akan dikeluarkan pada tahun 2021 mendatang.

Kemungkinan lainnya, perangkat Galaxy A42 ini juga akan disediakan dengan versi yang mendukung 4G.

Seperti halnya seri Galaxy A51 dan A71, model smartphone Samsung yang mendukung jaringan 5G disinyalir akan diberi nama Galaxy A42 5G.

Spesifikasi Utama dari Ponsel Galaxy A42

Beberapa bocoran untuk perihal spesifikasi utama dari ponsel Galaxy A42 ini sudah beredar. Ponsel ini akan dilengkapi dengan memori internal sebesar 128 GB.

Varian warna yang akan tersedia untuk ponsel Galaxy A42 ini adalah abu-abu, hitam, dan putih. Tetapi untuk spesifikasi yang lainnya belum banyak informasi yang terkuak.

Akhir tahun lalu, beredar kabar yang mengatakan bahwa Samsung akan lebih banyak merilis smartphone yang mendukung jaringan 5G murah tahun ini sampai tahun 2021 mendatang.

Menurut info yang sedang berkembang pula, vendor asal Korea Selatan ini juga tengah melakukan negosiasi dengan MediaTek terkait dengan penggunaan chipset 5G murah. Kemungkinan, chipset 5G murah tersebut akan dipasangkan pada ponsel seri Galaxy A dan M.