Skip to main content

Bingung Mau Investasi? Investasi Emas atau Crowdfunding?

Bingung Mau Investasi? Investasi Emas atau Crowdfunding?

Bingung Mau Investasi? Investasi Emas atau Crowdfunding? Ada banyak cara untuk mencoba menambah penghasilan yang bisa didapatkan setiap bulannya. Salah satu cara yang terbilang cukup populer saat ini adalah dengan cara melakukan bisnis investasi.

Di antara sekian banyak jenis investasi yang ada saat ini, investasi emas dan crowdfunding kini dianggap sebagai jenis investasi yang paling aman dan juga investasi yang memiliki resiko kerugian yang lebih kecil jika dibandingkan dengan investasi jenis lainnya.

Dan tidak hanya itu saja, modal awal yang diperlukan guna mencoba mulai bisnis investasi jenis ini terbilang lebih kecil jika dibandingkan dengan investasi lainnya.

Kedua investasi ini baik investasi emas atau crowdfunding dapat menghasilkan keuntungan yang besar jika dibandingkan dengan keuntungan dari hasil bunga deposito atau dari bunga tabungan biasa.

Oleh sebab itu, kedua investasi ini baik investasi emas atau crowdfunding sangat cocok bagi yang masih pemula dan baru belajar bisnis investasi.

Untuk mengetahui investasi mana yang lebih baik dan cocok bagi Anda, berikut ini ada penjelasan singkat tentang investasi emas atau crowdfunding yang perlu diketahui di bawah ini.

Investasi Emas

Tidak ada yang tidak tahu sama emas atau logam mulia yang satu ini. Sudah dari dulu emas ini dianggap sebagai jenis sebuah investasi yang mudah dilakukan dan juga menguntungkan.

Emas merupakan sebuah barang yang mudah dibeli dan juga mudah untuk dijual kembali ketika kita sedang membutuhkan uang.

Tentunya berbeda dengan jenis investasi lainnya yang terkesan lebih ribet dalam hal administrasi pada saat membelinya maupun pada saat menjualnya kembali.

Jadi, bagi yang ingin mencoba bisnis dengan berinvestasi yang mudah dan tentunya juga menjanjikan, maka investasi emas ini dapat menjadi salah satu pilihan bisnis investasi yang ampuh untuk Anda.

Investasi emas batangan dan koin emas

Ada beberapa hal yang harus dpertimbangkan lebih dulu sebelum kita memutuskan untuk memilih investasi emas ini, di antaranya sebagai berikut.

  1. Jangan membeli emas yang berupa perhiasan untuk investasi, karena tentunya akan ada banyak biaya tambahan lainnya selain dari harga emas itu sendiri, misalnya seperti biaya desain, biaya pembuatannya, dan yang lain-lain. Belilah emas yang murni atau istilahnya emas batangan yang tentunya kadar kemurnian emasnya mencapai 99, 99% untuk investasi emas ini.
  2. Harus memiliki tempat penyimpanan paling tepat dan aman untuk emas Anda, karena tentunya akan sangat berisiko jika menyimpannya di rumah, apalagi dengan jumlah emas yang banyak. Anda bisa menyimpan emasnya di fasilitas safety box yang biasanya sudah disediakan oleh bank, dengan biaya tambahan yang tentunya harus dibayar untuk uang jasa penitipan.
  3. Harus memiliki kemampuan untuk menganalisis pergerakan dari harga emas secara mandiri untuk memulai bisnis dengan investasi emas.

Investasi Crowdfunding

Berbeda dengan jenis bisnis investasi emas, investasi Crowdfunding masih terbilang jenis investasi yang masih baru, khususnya di Indonesia.

Oleh sebab itu, tentunya masih banyak yang belum mengenal dan juga memahami jenis investasi ini.

Investasi Crowdfunding ini merupakan jenis investasi yang memiliki resiko yang paling rendah jika dibandingkan dengan jenis investasi saham lainnya.

Dengan resiko yang paling rendah dan juga ditambah dengan modal awal yang juga sangat terjangkau, maka investasi Crowdfunding ini tentunya sangat cocok bagi pemula atau bagi orang yang baru belajar bisnis investasi.

Tips bisnis investasi Crowdfunding

Kelebihan lain dari jenis investasi Crowdfunding ini jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya adalah bahwa bentuk dari jenis investasi ini tidak berbentuk fisik seperti halnya logam mulia.

Jadi, tentunya kita tidak dipusingkan untuk mencari tempat penyimpanannya, atau kita tidak merasa takut akan kehilangan.

Dana investasi jenis ini akan disimpan serta dikelola oleh lembaga yang tentunya bertanggung jawab untuk hal tersebut yang biasa dikenal sebagai bank kustodian.

Hal yang terpenting yang harus diingat sebelum memutuskan untuk memilih bisnis investasi Crowdfunding ini adalah bahwa investasi Crowdfunding ini dikelola oleh perusahaan pengelola dana investasi yang tentunya berada dalam tanggung jawab seorang Wakil Manajer Investasi (WMI).

Jadi, dalam hal ini kita tidak perlu harus belajar serta juga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni tentang investasi ini untuk dapat melakukan bisnis investasi Crowdfunding ini.

Hal penting lainnya yang harus diingat terkait investasi jenis adalah prinsip investasinya yang sama dengan investasi pasar modal yang lainnya.

Jika kita berani mengambil resiko yang tinggi, maka tentunya akan besar pula keuntungan atau kemungkinan imbal hasil yang akan diperoleh nantinya.

Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk selalu berkonsultasi dengan MI atau dengan pakar-pakar keuangan yang terpercaya terlebih dahulu dalam memilih produk investasi Crowdfunding yang mana yang sesuai dengan kondisi keuangan kita.