Skip to main content

Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Haid

Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Haid

Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Haid - Saat waktu haid datang, biasanya nafsu makan pada wanita akan meningkat. Namun ada yang harus diingat bahwa makanan-makanan tersebut harus diperhatikan agar nantinya tidak berdampak buruk pada proses menstruasi.

Tentunya banyak dari para wanita yang ingin mengonsumsi dari semua makanan pada saat haid, bukan?

Jika ingin makan makanan enak, sehat, dan akan membuat perut merasa nyaman pada saat haid, berikut di bawah ini ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi pada saat waktu haid datang yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Ikan
    Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat di dalam ikan dapat meringankan kram perut pada saat haid terjadi. Jenis ikan yang baik untuk kamu konsumsi adalah seperti ikan salmon, tuna, dan sarden.
  2. Kacang-kacangan
    Mengonsumsi jenis kacang-kacangan ternyata juga baik untuk dikonsumsi pada saat haid. Kandungan vitamin E yang terdapat pada kacang dapat mencegah rasa pusing akibat haid. Selai kacang juga bisa dijadikan salah satu contoh makanan yang bisa kamu konsumsi.
  3. Gandum Utuh
    Zat besi yang terdapat pada gandum utuh ini ternyata sangat baik jika ini dikonsumsi pada saat haid. Gandum utuh dapat mengurangi resiko anemia pada saat haid.
  4. Buah-buahan
    Mengonsumsi buah-buahan tentunya memang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pada saat haid, tubuh akan membutuhkan banyak serat untuk dapat mencegah masalah percernaan. Jadi, serat makanan bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan seperti buah jeruk, semangka, pepaya dan pisang.
  5. Sayuran Hijau
    Sayuran hijau ini adalah sangat penting untuk dikonsumsi pada setiap hari. Terutama untuk para wanita yang sedang haid. Zat besi dan kalsium yang terdapat di dalam sayuran hijau dapat berguna untuk menghindari terjadinya kram pada perut, seperti brokoli, bayam dan salad.
  6. Coklat Hitam
    Coklat hitam bisa menjadi cemilan untuk pengubah mood pada saat haid karena memiliki kandungan seperti zat asam lemak omega 3, omega 6, magnesium, serta anti oksidan yang akan dapat meredakan rasa nyeri dan untuk menenangkan pikiran.
  7. Telur
    Telur mengandung banyak vitamin D, B6, dan 3 yang dapat meredam rasa nyeri pada saat haid. Zat besi yang terdapat pada telur juga dapat menggantikan sel darah merah pada saat haid sedang berlangsung.
  8. Daging Sapi Tanpa Lemak
    Saat haid datang, para wanita akan merasakan rasa lemas dan akan mudah lelah. Namun dengan mengonsumsi daging tanpa lemak, maka tubuh akan mendapatkan vitamin B12 dan protein yang dapat membuat energi pada tubuh kembali bertambah.