Skip to main content

Hati-Hati Dan Hindari Menggunakan Beberapa Aplikasi Ini

Hati-Hati Dan Hindari Menggunakan Beberapa Aplikasi Ini

Hati-Hati Dan Hindari Menggunakan Beberapa Aplikasi Ini - Diketahui terdapat setidaknya sebanyak sembilan buah aplikasi Android jahat yang terdapat di Play Store yang ternyata aplikasi-aplikasi tersebut telah diunduh ribuan kali. Semua aplikasi yang jahat tersebut mencoba menyamar sebagai aplikasi untuk optimasi kinerja ponsel Android.

Namun pada kenyataannya, semua aplikasi jahat tersebut bukanlah aplikasi untuk optimasi kinerja ponsel Android. Melainkan aplikasi-aplikasi tersebut malah dapat mengambil alih akun Google dan juga akun Facebook dari korbannya.

Menurut laporan sebuah perusahaan cyber security, Trend Micro, semua aplikasi jahat tersebut memiliki malware yang dapat sangat merusak ponsel korbannya. Aplikasi-aplikasi tersebut berpura-pura menjadi sebuah aplikasi yang dapat mengoptimalkan kinerja ponsel Android pengguna dengan cara melakukan pembersihan pada file-file tertentu secara berlebihan.

Ketika aplikasi tersebut diinstal di ponsel, selanjutnya aplikasi jahat ini malah mendownload sekitar 3.000 varian malware dan mereka juga memiliki kemampuan untuk dapat mengakses akun Google dan akun Facebook milik korbannya untuk kemudian melakukan praktik periklanan yang tentu saja curang dan merugikan penggunanya.

Selain dari itu, setelah para penjahat yang menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut sudah dapat menguasai akun Google dan akun Facebook korbannya, mereka kemudian akan menggunakan akun-akun tersebut untuk membuat dan mengirim komentar dan juga memberikan peringkat palsu untuk aplikasinya di Play Store untuk menarik pengguna yang lain untuk mengunduh aplikasi jahat tersebut. Dengan begitu mereka akan mendapat lebih banyak dollar dari pengunduhan aplikasi di Play Store.

Dan lebih lanjutnya, aplikasi palsu ini juga akan meminta izin untuk menonaktifkan fitur Play Protect yang merupakkan program keamanan dari Google Play Store. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan aplikasi jahat tersebut utuk mengunduh lebih banyak lagi software-software korup.

Aplikasi-aplikasi tersebut ini memang telah dihapus dari Play Store, namun tetap saja dapat membahayakan penggunanya jika aplikasi tersebut sudah terinstal di ponsel. Jadi lebih baik silahkan hapus dengan segera aplikasi-aplikasi ini.

Berikut di bawah ini daftar aplikasi-aplikasi palsu yang dapat mencuri akun Google dan akun Facebook:

  1. Shoot Clean-Junk Cleaner, Phone Booster, CPU Cooler (aplikasi ini sudah didownload lebih dari 10.000 kali).
  2. Super Clean Lite- Booster, Clean & CPU Cooler (aplikasi ini sudah didownload lebih dari 50.000 kali).
  3. Super Clean-Phone Booster, Junk Cleaner & CPU Cooler (aplikasi ini sudah didownload lebih dari 100.000 kali).
  4. Quick Games-H5 Game Center (aplikasi ini sudah didownload lebih dari 100.000 kali).
  5. Rocket Cleaner (aplikasi ini sudah didownload lebih dari 100.000 kali).
  6. Rocket Cleaner Lite (aplikasi sudah didownload lebih dari 10.000 kali).
  7. Speed Clean-Phone Booster, Junk Cleaner & App Manager (aplikasi ini sudah didownload lebih dari 10.000 kali).
  8. LinkWorldVPN (aplikasi ini sudah didownload lebih dari 1.000 kali).
  9. H5 gamebox (aplikasi ini sudah di download lebih dari 1.000 kali).