Skip to main content

Cara Nonaktifkan Fitur Lokasi di Smartphone Android

Cara Nonaktifkan Fitur Lokasi di Smartphone Android

Cara Nonaktifkan Fitur Lokasi di Smartphone Android - Bagi sebagian banyak pengguna, dengan adanya fitur lokasi di smartphone ini bisa sangat berguna dan membantu untuk mengetahui posisi di mana lokasi kamu berada saat ini ataupun menemukan lokasi restoran favorit terdekat.

Walaupun fitur lokasi ini sangat bermanfaat, namun ada banyak dari pengguna yang merasa bahwa dengan fitur lokasi ini melanggar untuk masalah privasi. Sebagian besar dari mereka merasa bahwa untuk keberadaan atau untuk lokasi mereka ini tidak harus selalu diketahui oleh pihak lain via layanan Google.

Berikut di bawah ini tips bagaimana caranya untuk menghentikan fitur pelacakan lokasi di ponsel Android kamu. Namun sebelum memulai, sebaiknya kamu harus memperhatikan tips ini karena nantinya akan berbeda-beda tergantung dari versi Android pada ponsel yang digunakan.

Untuk tips cara menonaktifkan fitur lokasi di smartphone Android kali ini, kita gunakan smartphone dengan Android 10 dengan MIUI 11.

Cara Matikan Fitur Lokasi

Tips cara mudah dalam matikan atau menonaktifkan fitur lokasi di ponsel Android:

  1. Silahkan buka menu "Settings" atau "Setelan" di ponsel Android kamu lalu setelah itu silahkan cari opsi "Location" atau "Lokasi" atau "Password & Security" atau opsi "Sandi & Keamanan", ini tergantung dengan perangkat Android pada ponsel yang digunakan.
  2. Kemudian silahkan klik "Lokasi" atau "Location" dan lalu geser tombolnya ke arah kiri untuk mematikan atau menonaktifkan fitur lokasi di Smartphone.
  3. Selanjutnya kamu juga bisa untuk memilih "Layanan Lokasi Darurat" atau "Emergency Location Service" dan juga "Berbagi Lokasi Google" untuk mematikan atau menonaktifkan fitur pelacakan lokasi di sana juga.