Skip to main content

Membaca Buku Pengantar Tidur yang Efektif

Membaca Buku Pengantar Tidur yang Efektif

Membaca Buku Pengantar Tidur yang Efektif - Apakah Anda sering merasa untuk sulit tidur di malam hari? Apabila segala cara sudah Anda dicoba, namun ternyata mata Anda tak kunjung terpejam juga, itu artinya Anda perlu perlu mencoba cara lain yang dapat membantu Anda agar bisa terlelap tidur.

Dalam kondisi yang demikian itu, berarti Anda perlu mencoba tambahan rutinitas untuk pengantar tidur. Sederhananya saja, psikolog Joshua Tal juga mengatakan, bahwa dengan membaca buku dapat juga membantu Anda agar cepat tertidur lelap.

Dengan membaca buku sebelum pergi tidur adalah salah satu cara yang bagus untuk dapat meningkatkan relaksasi dan perasaan bersantai tanpa cahaya biru dari perangkat elektronik yang dapat mengganggu tidur Anda.

Namun sebaik tutuplah buku 15 menit sebelum Anda mematikan lampu tidur. Hal ini dilakukan adalah untuk memberikan waktu bagi pikiran Anda untuk mereda.

Tal juga merekomendasikan pada Anda untuk memilih buku yang tidak terlalu menarik. Mencoba untuk memecahkan masalah atau dengan membaca sesuatu yang menarik rasa penasaran Anda justru itu tidak akan membantu Anda tertidur pulas.

Selain dapat membantu Anda agar dapat tertidur pulas dengan cepat, mka dengan cara membaca sebelum tidur ini juga akan dapat membantu Anda untuk mengurangi stres, juga dapat meningkatkan suasana hati, dapat juga mendukung pada peningkatan kesadaran, serta masih banyak lagi.

Dikutip dari Business Insider, sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Sussex pada tahun 2009 lalu menunjukkan bahwa dengan membaca buku kurang lebih selama enam menit sebelum tidur akan dapat mengurangi stres hingga 68 persen. Efek ini ternyata bahkan lebih besar daripada dengan mendengarkan musik atau meminum secangkir teh sebelum tidur.

Peneliti juga menyebutkan bahwa dengan membaca buku sebelum tidur akan dapat menjernihkan pikiran serta menyiapkan tubuh untuk dapat tertidur pulas.

Jadi buku adalah lebih dari sekadar pengalih perhatian, tapi juga dapat melibatkan imajinasi secara aktif, sesuatu yang dapat membawa Anda untuk memasuki kondisi kesadaran yang berubah.